A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 126

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: ub

Filename: libraries/Guest_onlines.php

Line Number: 138

Tupoksi

Tupoksi

Jumat, 15 Mei 2015 09:50:57 kecwoybar

TUGAS POKOK DAN FUNGSI KANTOR KECAMATAN

(Peraturan Bupati Aceh Barat Nomor 36 Tahun 2008)

CAMAT

Tugas :

membantu Bupati dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelayanan umum, pembangunan dan pembinaan kehidupan kemasyarakatan, melakukan koordinasi dan sinkronisasi instansi pemerintahan dan swasta di wilayah kecamatan;

 

Fungsi :

  1. Penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan umum, pembangunan, dan kemasyarakatan;
  2. Penyelenggaraan pelayanan umum melalui koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah kabupaten lainnya;
  3. Pembinaan pemerintahan mukim dan gampong;
  4. Pembinaan ketentraman dan ketertiban masyarakat;
  5. Pembinaan dan fasilitasi masalah pertanahan;
  6. Pembinaan pembangunan dan pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum, serta kelestarian lingkungan hidup;
  7. Pembinaan pemberdayaan perempuan;
  8. Pembinaan kesejahteraan rakyat;
  9. Pembinaan pelaksanaan syariat Islam;
  10. Pembinaan keagamaan dan adat-istiadat;
  11. Penyusunan program pembinaan administrasi ketatausahaan sekretariat kecamatan; dan
  12. Penyelenggaraan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan peme/rintah kabupaten.

 

 

SEKRETARIS KECAMATAN

Tugas :

melakukan pembinaan dan koordinasi administrasi, ketatausahaan dan memberikan pembinaan teknis kepada seluruh unit kerja di lingkup sekretariat kecamatan;

 

fungsi :

a.   Penyusunan rencana kerja kecamatan;

b.   Pembinaan dan koordinasi pelaksanaan administrasi/ ketatausahaan;

c.   Pembinaan administrasi keuangan;

d.   Koordinasi penyusunan laporan kecamatan;

d.   Pelayanan tata usaha, administrasi kepegawaian, perlengkapan dan rumah tangga.

 

 

SEKSI PEMERINTAHAN

Tugas :

mempunyai tugas melakukan urusan pemerintahan umum, pembinaan pemerintahan mukim dan gampong, administrasi pertanahan, administrasi kependudukan dan pembinaan politik dalam negeri dan melaksanakan kewenangan yang dilimpahkan kepada Camat.

 

Uraian Tugas Seksi Pemerintahan :

  1. Menyusun program kerja Seksi Pemerintahan berdasar Dokumen Rencana Kerja;
  2. Menyiapkan bahan-bahan, melaksanakan pembinaan penguatan kelembagaan Pemerintahan Mukim dan Gampong sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  3. Mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan mengevaluasi data di bidang Pemerintahan Mukim dan Gampong, bidang pertanahan, serta sarana dan prasarana fisik;
  4. Mengkoordinasikan kegiatan pemerintah daerah dan instansi vertikal di wilayah kecamatan untuk sinkronisasi kerja bidang pemerintahan.
  5. Membantu pelaksanaan tugas-tugas di bidang administrasi pertanahan;
  6. Menyiapkan bahan-bahan bimbingan/petunjuk, memantau dan mendampingi pelaksanaan pemilihan Imuem Mukim dan Keuchik serta pemilihan/pengangkatan perangkat Pemerintahan Mukim dan Gampong;
  7. Menyiapkan bahan-bahan bimbingan/petunjuk dan pelaksanaan pemberhentian Imuem Mukim dan Keuchik serta perangkat Pemerintahan Mukim dan Gampong yang sudah habis masa jabatan atau yang diberhentikan karena melanggar ketentuan yang berlaku;
  8. Menyiapkan bahan-bahan bimbingan/petunjuk, memantau pelaksanaan  pengangkatan Ketua, Sikatareh dan anggota Tuha Peut Gampong serta Kepala Urusan dan Ulee Jurong;
  9. Menyiapkan bahan-bahan pembinaan kewenangan dan administrasi Pemerintahan Mukim dan Gampong sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  10. Menyiapkan bahan-bahan dan memberikan rekomendasi dalam rangka pembentukan, penghapusan, pemekaran, penggabungan, pemindahan, perubahan nama dan batas kemukiman dan gampong;
  11. Menyiapkan bahan-bahan dan pengusulan dalam rangka pemberian penghargaan dan tanda jasa bagi aparatur mukim dan gampong;
  12. Menyiapkan bahan-bahan pembinaan dan pengelolaan data kependudukan serta evaluasi hasil-hasil kegiatan yang berkaitan dengan administrasi data kependudukan;
  13. Membantu pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada);
  14. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di Seksi Pemerintahan serta mencari alternatif pemecahannya;
  15. Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan lancar sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku;
  16. Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memantau dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karier;
  17. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya;
  18. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan.

 

 

SEKSI KETENTERAMAN, KETERTIBAN, PERLINDUNGAN MASYARAKAT

DAN KESEJAHTERAAN RAKYAT

Tugas :

menyelenggarakan urusan ketertiban, ketentraman, perlindungan masyarakat, penegakan atas peraturan perundang-undangan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kabupaten dan urusan peningkatan kesejahteraan rakyat, dan  melaksanakan kewenangan yang dilimpahkan kepada Camat;

 

Uraian Tugas :

  1. Menyusun program kerja Seksi Ketenteraman, Ketertiban, Perlindungan Masyarakat dan kesejahteraan rakyat, serta melaksanakannya berdasar Dokumen Rencana Kerja;
  2. Memfasilitasi koordinasi dengan MUSPIKA dalam rangka terciptanya stabilitas ketenteraman dan ketertiban wilayah kecamatan serta penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ketenteraman dan ketertiban;
  3. Mempersiapkan bahan-bahan pemberian rekomendasi kegiatan keramaian rakyat, ketangkasan, hiburan dan kegiatan lainnya dalam pemeliharaan ketentraman;
  4. Memfasilitasi penyelesaian perselisihan antar gampong, sengketa tanah, bangunan dan sengketa lainnya dalam memelihara ketentraman wilayah;
  5. Sosialisasi, pengawasan, pengendalian, pembinaan dan penegakan Qanun Kabupaten dan peraturan perundang-undangan lain;
  6. Menyiapkan mekanisme untuk mencegah timbulnya kerawanan dan keresahan di masyarakat yang disebabkan oleh isu terkait SARA (Suku, Agama, Ras dan Adat Istiadat);
  7. Menertibkan dan mengawasi semua jenis pelaksanaan perizinan di ruang lingkup kecamatan;
  8. Membina satuan perlindungan masyarakat di wilayah kecamatan;
  9. Melakukan pendampingan dalam pelaksanaan pungutan pajak dan retribusi daerah, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) lainnya;
  10. Memfasilitasi pendataann dan pembinaan organisasi kemasyarakatan (ormas), LSM dan lembaga kemasyarakatan lainnya;
  11. Bersama dengan instansi terkait melakukan upaya pengurangan resiko, pencegahan dan penanggulangan bencana alam melalui posko siaga bencana;
  12. Bersama dengan instansi terkait melakukan koordinasi penertiban setiap kegiatan yang dapat mengganggu/mengurangi pelaksanaan syariah islam;
  13. Membina wawasan ideologi negara dan politik dalam negeri;
  14. Mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data bidang sosial politik, ketenteraman dan ideologi negara, dan penegakan peraturan perundang-undangan dan qanun;
  15. Membina dan menyelenggarakan kegiatan untuk pelestarian lingkungan hidup;
  16. Menyiapkan bahan-bahan pembinaan, pengendalian dan bahan evaluasi terhadap penyelenggaraan politik dalam negeri, ideologi negara, kesatuan bangsa, ketertiban dan ketenteraman, dan lingkungan hidup;
  17. Bersama dengan instansi terkait menyiapkan bahan pembinaan Ideologi Negara, Kesatuan Bangsa, Organisasi Sosial Politik, dan organisasi kemasyarakatan lainnya;
  18. Bersama dengan instansi terkait mengkoordinasikan pelaksanaan pembinaan pendidikan, pendidikan luar sekolah, dayah / pesantren, dan agama lainnya yang diakui pemerintah;
  19. Bersama dengan instansi terkait mengkoordinasikan pelaksanaan pembinaan kesehatan, kebersihan dan kesehatan lingkungan;
  20. Memfasilitasi koordinasi dengan UPTD bidang Pendikan dan kesehatan di tingkat kecamatan;
  21. Memfasilitasi koordinasi perencanaan, pemantauan dan pemberian rekomendasi di bidang pendidikan dan kesehatan dasar di wilayah kecamatan;
  22. Memfasilitasi pengaduan masyarakat terhadap penyelenggaraan di bidang pendidikan dan kesehatan dasar di wilayah kecamatan;
  23. Memfasilitasi evaluasi pencapaian target kinerja di bidang pendidikan dan kesehatan dasar di wilayah kecamatan;
  24. Memfasilitasi pembinaan pengembangan kepemudaan dan olah raga, pramuka, pemberdayaan perempuan dan PKK;
  25. Memfasilitasi koordinasi dengan instansi terkait pelaksanaan program perlindungan anak dan pengaduan kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT);
  26. Memfasilitasi koordinasi dengan instansi terkait menyusun program dan pelaksanaan pembinaan kemakmuran masjid, meunasah,  mushala, TPA/Tempat pengajian, Panti Asuhan, Majelis Taklim serta membina optimalisasi sarana dan prasarana ibadah;
  27. Memfasilitasi koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka pembinaan bagi penderita cacat, tuna karya, tuna rungu dan tuna susila, keluarga miskin dan kurang mampu;
  28. Bersama dengan instansi terkait membina dan memberdayakan potensi zakat, infaq dan shadaqah;
  29. Membina dan memfasilitasi pelaksanaan perayaan hari-hari besar islam;
  30. Memfasilitasi koordinasi dengan instansi terkait pembinaan dan pengembangan remaja masjid;
  31. Memfasilitasi koordinasi dengan instansi terkait untuk membina dan mengembangkan pendidikan Al-Qur’an.
  32. Memfasilitasi koordinasi dengan instansi terkait untuk membina dan mengembangkan adat istiadat, kesenian, kebudayaan dan pariwisata di kecamatan;
  33. Memfasilitasi koordinasi dengan instansi terkait membina dan mengembangkan keluarga berencana sejahtera;
  34. Mengumpulkan dan mengolah data daerah rawan bencana dan merumuskan langkah-langkah antisipasi dan rehabilitasinya;
  35. Memfasilitasi koordinasi dengan instansi terkait terhadap penanganan korban bencana alam agar segera mendapatkan pertolongan darurat secepatnya;
  36. Melaksanakan pembinaan, pengawasan dan penyelenggaraan bantuan kepada masyarakat serta melakukan pemantauan akibat bencana alam dan bencana lainnya;
  37. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di Seksi Ketenteraman, Ketertiban, Perlindungan Masyarakat dan Kesejahteraan Rakyat serta mencari alternatif pemecahannya;
  38. Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan lancar sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku;
  39. Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memantau dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karier;
  40. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya;
  41. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan.

 

SEKSI PELAYANAN

Tugas :

melaksanakan urusan pelayanan publik kepada masyarakat, dan melaksanakan kewenangan yang dilimpahkan kepada Camat;

 

Uraian Tugas:

  1. Menyusun program kerja Seksi Pelayanan serta melaksanakannya berdasar Dokumen Rencana Kerja;
  2. Memberikan pelayanan kepada masyarakat, baik pelayanan administrasi perizinan maupun non perizinan, pelayanan informasi, fasilitasi pelayanan Kartu Tanda Penduduk (KTP), fasilitasi pelayanan Kartu Keluarga (KK), fasilitasi pelayanan Catatan Sipil; sesuai dengan standar pelayanan dan asas-asas penyelenggaraan pelayanan publik, yang meliputi: transparansi, akuntabilitas, partisipatif, kesamaan hak, dan keseimbangan atas hak dan kewajiban;
  3. Menyediakan tempat pelayanan yang bersih, sehat, rapi, indah, mendidik, informatif, nyaman, aman dan tertib;
  4. Menyusun rencana kebutuhan blanko-blanko, ATK dan peralatan untuk bahan perlengkapan administrasi pelayanan satu pintu kecamatan dan mengajukan kebutuhan pada sekretaris kecamatan;
  5. Menyusun dan mensosialisasikan media transparansi pelayanan yang berupa mekanisme (alur) pelayanan, standar operasional prosedur (SOP) pelayanan di kecamatan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  6. Menyusun dan membagi petugas penyelenggara pelayanan publik yang sekurang-kurangnya meliputi: pelaksana pelayanan, pengelolaan pengaduan masyarakat, pengelolaan informasi, dan pengawasan internal;
  7. Melakukan evaluasi Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai masukan kepada Pemerintah Kabupaten dengan melibatkan tokoh masyarakat, LSM, dan para ahli terkait;
  8. Menyelenggarakan evaluasi pelaksanaan pelayanan publik di kecamatan dengan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat untuk membicarakan masukan tentang Pelayanan Publik di kecamatan kepada pemerintah kabupaten;
  9. Menyediakan sarana dan prasarana yang layak untuk memfasilitasi penyampaian keluhan atau pengaduan mengenai penyelenggaraan pelayanan publik kepada Camat atau kepada Bupati;
  10. Menyusun mekanisme pengelolaan keluhan dan pengaduan masyarakat serta penyampaian hasil penjelasannya;
  11. Memfasilitasi penyelesaian keluhan dan pengaduan masyarakat terkait dengan pelayanan perizinan dan non perizinan di kantor kecamatan;
  12. Melakukan koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah kabupaten lainnya yang menangani pelayanan perizinan dan non perizinan;
  13. Menyiapkan bahan-bahan dan laporan mengenai jumlah penerbitan surat rekomendasi perizinan dan non perizinan sesuai dengan jenis-jenis pelayanan yang diberikan di kantor kecamatan setiap bulannya;
  14. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di Seksi Pelayanan serta mencari alternatif pemecahannya;
  15. Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjalan lancar sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku;
  16. Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memantau dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karier;
  17. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya;
  18. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan.

 

SEKSI EKONOMI PEMBANGUNAN

Tugas :

melaksanakan pengembangan ekonomi pembangunan sesuai dengan kewenangan yang dilimpahkan kepada Camat;

 

Uraian Tugas :

  1. Menyusun program kerja Seksi Ekonomi Pembangunan berdasar Dokumen Rencana Kerja;
  2. Mengumpulkan, mengolah data, menganalisis, potensi sumber daya alam kemukiman dan gampong termasuk swadaya masyarakat di bidang pembangunan sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  3. Merencanakan dan menyusun program, pedoman dan petunjuk pembinaan untuk usaha pembangunan perekonomian masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam upaya pemberdayaan potensi yang ada;
  4. Memfasilitasi, mendampingi, dan mengevaluasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Gampong (RPJMG), Rencana Kerja Pembangunan Gampong (RKPG) tahunan, Musrenbang Gampong, dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG);
  5. Memfasilitasi, memantau dan mendampingi pelaksanaan Alokasi Dana Gampong (ADG), pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG), dan mengkoordinasikan dengan Satuan Kerja Pemerintah Daerah terkait;
  6. Memfasilitasi, memantau, melakukan pembinaan pendirian dan pengembangan Badan Usaha Milik Gampong (BUMG);
  7. Membina dan mempromosikan kegiatan pembangunan ekonomi produktif, usaha pertanian dan tanaman pangan, perikanan dan kelautan, hutan adat, peternakan, kerajinan industri kecil, koperasi;
  8. Menyiapkan bahan-bahan dalam rangka pengendalian dan evaluasi terhadap kegiatan pembangunan ekonomi produktif, usaha pertanian dan tanaman pangan, perikanan dan kelautan, peternakan, kerajinan industri kecil, koperasi;
  9. Memfasilitasi koordinasi penyuluh lapangan dan UPTD dalam rangka pembangunan ekonomi produktif, usaha pertanian dan tanaman pangan, perikanan dan kelautan, peternakan, kerajinan industri kecil, koperasi;
  10. Pendataan potensi usaha-usaha ekonomi yang dapat dijadikan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD);
  11. Melakukan koordinasi pelaksanaan pungutan pajak dan retribusi daerah, Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) lainnya;
  12. Menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) tingkat kecamatan dengan melibatkan partisipasi masyarakat, dan meneruskan hasilnya kepada pemerintah kabupaten;
  13. Memfasilitasi tersusunnya Rencana Strategis Kecamatan;
  14. Memonitor pelaksanaan proyek, baik fisik maupun non fisik yang dibiayai pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten, maupun swadaya dari masyarakat di wilayah kecamatan;
  15. Mengevaluasi pelaksanaan tugas dan menginventarisasi permasalahan di Seksi Ekonomi Pembangunan serta mencari alternatif pemecahannya;
  16. Membagi tugas dan memberikan petunjuk kepada bawahan agar pelaksanaan tugas berjala lancar sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku;
  17. Menilai hasil kerja bawahan dengan jalan memantau dan mengevaluasi hasil kerjanya untuk bahan pengembangan karier;
  18. Melaksanakan tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh atasan sesuai bidang tugasnya;
  19. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan.

 

SUB BAGIAN UMUM DAN PERLENGKAPAN

Uraian Tugas :

  1. Membantu Sekretaris Kecamatan sesuai dengan tugasnya;
  2. Melaksanakan administrasi surat menyurat, kearsipan, urusan rumah tangga dan perlengkapan;
  3. Melaksanakan kegiatan kehumasan, ketertiban, keamanan dan kebersihan kantor;
  4. Melaksanakan pencatatan, pemeliharaan dan menyusun perencanaan dan pengadaan kebutuhan alat tulis (ATK) administrasi, peralatan kerja dan inventaris kantor kecamatan;
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Sekretaris Kecamatan sesuai dengan bidang tugasnya;
  6. Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan.

 

SUB  BAGIAN KEUANGAN DAN KEPEGAWAIAN

Uraian Tugas :

  1. Membantu Sekretaris Kecamatan sesuai tugasnya;
  2. Menyelenggarakan administrasi keuangan dan realisasi anggaran;
  3. Melaksanakan penatausahaan keuangan di sekretariat kecamatan;
  4. Menyiapkan bahan-bahan untuk penyusunan RKA Kecamatan;
  5. Menyiapkan laporan dan pertanggungjawaban keuangan, termasuk anggaran langsung dan tidak langsung;
  6. Menyediakan informasi pengelolaan keuangan kecamatan yang transparan dan bertangungjawab;
  7. Menyusun data dan laporan kepegawaian berupa DUK dan register kepegawaian;
  8. Melakukan penyiapan bahan, penyusunan kebutuhan dan pengembangan pegawai serta pengelolaan administrasi kepegawaian yang meliputi: persiapan kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, pengurusan kartu pegawai, kartu istri, kartu suami dan kesejahteraan pegawai, serta pengusulan pemberian penghargaan, pengadaan, penempatan dan pemberhentian pegawai;
  9. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan bidang tugasnya;

Melaporkan hasil pelaksanaan tugas/kegiatan sebagai bahan informasi dan pertanggungjawaban kepada atasan.



Prestasi

Mitra Kerja

Internal

Profil Pegawai